Pesona Alam yang Tersembunyi di Kediri

AIR TERJUN NGLEYANGAN


Air terjun Ngleyangan disebut juga Air Terjun Sekartaji.  Jatuhnya air dari ketinggian + 123 Meter merupakan daya tarik obyek wisata ini disamping udara sejuk karena berada diketinggian 800 meter dari permukaan laut.  Air terjun ini terletak di lereng timur gunung Wilis.

Legenda 

Di atas puncak air terjun ini terdapat sisa situs berupa sumur dan patung-patung Hindu.  Konon di situlah tempat Mpu Brahmaraja hidup bersama putrinya Dewi Amisani (Dandang Gendis) untuk beberapa waktu lamanya sampai ia dijemput pulang ke keraton Kediri untuk dinpbatkan menjadi Raja Kediri yang baru bergelar SriKertajaya untuk menggantikan Jayasheba uyang mangkat beberapa bulan sebelumnya.

Lokasi

Terletak di Dusun Goliman, Desa Parang Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur.
Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas
Berjarak sekitar + 20 Km ke arah Barat Laut Kota Kediri.  Dapat  ditempuh dengan menggunakan kendaran pribadi atau angkutan umum.
Bila menggunakan angkutan umum dari kota Kediri naik bus 3/4 jurusan ke kota Nganjuk, dengan tarif Rp 3.000 sampai Rp 4.000. Turun di Pasar Gringging.
Selanjutnya naik Angkudes menuju Dusun Goliman, Desa Parang, desa terakhir sebelum naik ke perbukitan menyusuri jalan ke titik air terjun. Angkudes ini tersedia di depan Pasar Gringging.Alternatif selain angkudes, bisa dengan menggunakan ojek sepeda motor yang bisa ditemui di depan Pasar Gringging.
Selanjutnya setelah turun di Dusun Goliman, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri perbukitan dengan ladang penduduk di kanan kiri sekitar 4 km (sekitar 2,5 jam waktu tempuh). Tidak ada petunjuk jalan yang jelas. Paling hanya goresan dari cat di bebatuan dan mengikuti pipa air.
Air Terjun Ngleyangan juga bisa ditempuh lewat Kecamatan Banyakan.  Dari kota Kediri naik bus 3/4 (dengan tarif  Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per orang) menuju Nganjuk, turun Pasar Banyakan.  Lalu dilanjutkan perjalanan ke arah barat, menuju Dusun Goliman.  Kondisi jalan beraspal mulus hingga ke desa terakhir, Banyakan, akan tetapi berganti bebatuan hingga tiba di Dusun Goliman.
 


Fasilitas dan Akomodasi

Ketiadaan area parkir mengharuskan bagi yang membawa kendaraan dengan menitipkan kendaraannya pada penduduk setempat.

Cara Sharing File lewat Kabel UTP / LAN


CARA SHARING FILE LEWAT KABEL UTP / LAN
Unshielded Twisted Pair atau UTP adalah kabel sebagai media transmisi dalam jaringan Local Area Network atau LAN. Kabel UTP termasuk kabel yang tidak memiliki pelindung dan memiliki rangkaian kabel yang saling terpilin satu dengan lain. Keberadaan kabel UTP membuat antar jaringan komputer dapat terhubung melalui LAN.  Secara umum, kabel UTP terdiri dari delapan bagian, Empat buah kabel UTP terpilin menjadi satu dan sepasang kabel UTP lainnya dihubungkan untuk menerima dan mengirim antar jaringan komputer.

Kabel UTP sendiri telah memiliki spesifikasi khusus yaitu, EIA/TIA 568 untuk kabel UTP standar. Kabel UTP memiliki aturan pula dalam penyusunannya berdasarkan tipe yang ada. Sehingga kabel UTP pada akhirnya dapat difungsikan sebagai kabel dalam jaringan LAN.
Untuk tipe kabel UTP Straight Through Cable, aturan penyusunannya adalah ujung satu dengan ujung lain harus menggunakan spesifikasi yang sama. Tipe kabel UTP Straight Through Cable biasa digunakan untuk menghubungkan antara switch dan router, PC dan HUB, PC dan switch. Ada pula tipe kabel UTP Cross Over Cable, aturan penyusunannya adalah ujung yang satu dengan ujung lain harus menggunakan spesifikasi yang berbeda. Tipe kabel UTP Cross Over Cable biasa digunakan untuk menghubungkan antara router dan router, PC dan PC, HUB dan HUB, switch dan switch. Kemudian juga terdapat tipe kabel UTP Roll Over Cable, aturan penyusunannya adalah harus terhubung DB-9 Adapter dengan PC atau DB-25 Adapter dengan PC. Biasanya untuk kabel UTP tipe Roll Over Cable adalah pemasangan modem dengan console switch manageable atau dapat pula dengan console cisco router.
Berikut langkah - langkahnya : 
1. Nyalakan Laptop atau PC minimal menggunakan 2 Laptop
2. Siapkan Kabel UPT atau kabel LAN, lalu sambungkan antara kedua laptop tersebut. Kemudian setelah tersambung, periksa dengan cara
A. Control panel  Network and Internet  Network and Sharing Center
B. Klik kanan pada   lalu pilih Open Network and Sharing
  
3. Lalu klik pada network information kabel LAN kita yang sudah tersambung, akan muncul seperti ini, lalu tekan properties
  

4. Kemudian akan muncul seperti ini, kemudian pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4). Lalu klik properties
5. Kemudian pilih Use the following IP address, lulu isi dengan no 192.168.0.8(no absen) kemudian klik kanan di subnet mask akan muncul 255.255.255.192 kemudian tekan OK
6. Lalu kita test di CMD, lalu kita ketik ping 192.168.0.8 ping berfungsi sebagai tester internet, lalu tekan enter


7. Bisa dengan nama user kita ( ping user-PC ) lalu tekan enter 

8. Lalu kita test atau cek pada laptop satunya yang sudah tersambung ( ping 192.168.0.7 ) lalu enter 

9. Kita bisa mengecek dengan nama user laptop yang tersambung dengan kita ( ping praba ) 
10. Agar LAN dapat terhubung kita bisa mengatur setting nya, seperti gambar berikut 

11. Cara mengirim file menggunakan kabel LAN pertama-tama kita buka Windows Explorer  Network , kemudian akan muncul seperti ini 

12. Lalu kita klik user yang sudah tersambung dengan kita (praba), lalu klik users 

13. Lalu kita pilih file yang akan kita kirim, kemudian kita copy atau cut 

14. Lalu kita tentukan tempatnya 

15. Sebaliknya jika teman kita mengirim pada kita, kita buka user kita atau tempat yang sudah dikirimmi oleh teman kita 

KESIMPULAN
Pada saat kita merakit kabel LAN kita harus teliti jangan sampai urutan wartanya salah atau tertukan karena dapat mengakibatkan tidak tersambung. Lalu pada saat kita mengirim atau menerima file kita harus bisa mengatur settingannya agar bisa berjalan lancar